Mengajar Arti Uang

3 Maret 2020

Mengajar Arti Uang

Untuk tertawa orang menghidangkan makanan; anggur meriangkan hidup dan uang memungkinkan semuanya itu. (Pengkhotbah 10:19)

Saya bersyukur orang tua saya mendidik anak-anak mereka tentang arti uang sejak kecil. Sekarang setelah dewasa saya benar-benar merasakan manfaat pendidikan tentang uang yang mereka ajarkan. Sejak SD ayah saya sudah memberikan uang saku seminggu sekali, yang artinya anak-anak harus belajar mengendalikan diri untuk dapat mengatur penggunaannya selama satu minggu. Kadang-kadang kami menghabiskannya di hari-hari pertama sehingga terpaksa puasa jajan di hari-hari berikutnya. Tentu saja itu membuat kami belajar dari kesalahan hidup boros. Begitu juga ketika beliau memberi uang recehan kepada kami untuk ditabung. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ibu juga mengajari kami untuk tidak malu menitipkan makanan kecil ke kantin, mengumpulkan koran bekas untuk dijual ke tukang loak, dsb.

Kalau diamati, anak-anak jaman sekarang jauh lebih konsumtif dari pada anak-anak di jaman kita dulu. Namanya juga jaman modern. Promosi melalui berbagai media begitu gencar, ditambah lagi perkembangan trend yang terus berubah. Anak-anak yang tentunya tak mau dibilang ketinggalan jaman, seolah berlomba mengikuti trend itu. Mulai dari model rambut dan pakaian, handphone, motor, sampai tempat makan dan jalan-jalan. Kalau sampai orang tua melupakan pentingnya pendidikan tentang uang bisa-bisa generasi ini akan tumbuh menjadi pengelola keuangan yang buruk, hedonis, dan konsumtif. Padahal keberhasilan hidup orang mayoritas ditentukan dari sikap mereka terhadap uang.

Menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengajarkan arti uang sejak dini. Jangan ragu untuk bersikap tegas menolak keinginan anak yang sifatnya konsumtif atau sekedar mengikuti trend. Tanamkan pengertian kepada anak bahwa kebahagiaaan mereka tidak ditentukan dari barang-barang yang mereka miliki. Sedini mungkin, ajarkan kepada mereka untuk menabung. Memberi anak balita uang recehan untuk dimasukkan ke celengan pun sedikit banyak sudah menanamkan pengertian tentang arti menabung. Anak-anak harus mengerti bahwa untuk mendapatkan uang mereka harus mau berusaha, supaya kelak mereka tak kaget dan mampu untuk mandiri. Dan yang paling penting, jangan pernah lupa mengajarkan bahwa berkat materi berasal dari Tuhan dan patut dipergunakan dengan penuh tanggung jawab untuk memuliakan Dia.

Anak-anak perlu diajar tentang cara menggunakan uang sejak dini.

Source : Renungan Harian Spirit - Agustus 2010




Baca juga

15 April 2022
HOW JEANS ARE MADE
How jeans are made?
1 Januari 2022
Makna Imlek di Kota-Kota Indonesia
Bagaimana pengalaman Imlek di kota Anda?
31 Desember 2021
Tinggalkan 4 Kebiasaan Buruk Dalam Berbusana
Tahun baru merupakan momen yang tepat untuk meninggalkan kebiasan buruk � termasuk dalam hal berbusana. Jadi, mumpung masih bulan Januari, ayo perhatikan beberapa kesalahan berbusana di bawah ini dan jangan sampai Anda ulangi.
2 Februari 2021
Pelajari Cara ini dan Raihlah Peluang Promosi
Setiap karyawan dan kaum pekerja dimanapun pasti mengharapkan kenaikan jabatan atau promosi yang diberikan. Namun banyak cerita yang mengisahkan mereka terus menerus untuk jangka waktu yang lama menempati posisi itu.
10 November 2020
SEJARAH NAMA BULAN DALAM 1 TAHUN
JANUARI Kata ini diambil dari nama dewa bangsa Roma yaitu dea dengan dua wajah bernama Janus. Kedua wajah yang bertolak belakang, satu menatap ke depan dan lainnya menoleh ke belakang sebagai pelambang tatapan masa lalu dan pandangan ke masa datang. Janus yang akhirnya menjadi Januari sampai saat ini dijadikan bulan mawas diri sebagai pemisah tahun lalu dan tahun baru.
21 Mei 2020
Jadikan Pekerjaan Sebagai Arena Bermain
Beban, stress yang menekan, konflik dengan rekan sekerja, tugas menumpuk dan banyak lainnya pasti sering dialami oleh siapapun yang berkarir didunia pekerjaan. Namun banyak juga yang meraih kesuksesan dan betah luar biasa hingga bertahun-tahun dengan segudang prestasi dan pujian dari atasannya. Apa rahasianya?
1 Januari 2020
TIPS: 8 cara agar cantik pakai jeans
Pakaian berbahan denim kini populer lagi. Modelnya pun bermacam-macam sehingga Anda bisa lebih banyak bereksperimen dengan koleksi Anda. Namun, meskipun setiap orang pastinya memiliki celana jeans atau setidaknya satu lagi dalam bentuk jaket atau vest, tak semua orang tahu bagaimana membuatnya tampak maksimal.
16 Juli 2019
5 Alasan Pakai Jeans di Kantor
Celana jeans sudah sering diidentikkan dengan dunia kreatif. Di kantor-kantor yang mengutamakan kreativitas, celana jeans menjadi pakaian lumrah.

Lihat juga